Harga Jasa Kantor Pengacara Perceraian di Jakarta

Harga Jasa Kantor Pengacara Perceraian di Jakarta

Harga / Biaya jasa pengacara perceraian, gono gini & hak asuh anak di Indonesia sangatlah bervariasi.

Tidak ada yang dapat memastikan berapa biaya jasa pengacara perceraian, hak asuh anak dan harta gono gini kecuali klien menanyakan langsung kepada pengacara tersebut.

Biasanya harg / biaya jasa kantor pengacara perceraian di jakarta dapat ditaksir disekitar Rp. 50 juta. Namun banyak juga ditemukan kantor pengacara perceraian menawarkan harga dibawah Rp. 50 juta.

Oleh karena itu, penentuan harga kantor pengacara perceraian dengan klien tergantung kesepakatan bersama. 

Perlu diketahui, apabila klien mengajukan gugatan perceraian, maka pengajuannya dapat bersama-sama dengan permohonan hak asuh anak dan permintaan nafkah untuk mantan isteri dan anak. Sedangkan pembagian harta bersama (gono goni) biasanya diajukan setelah gugatan cerai, hak asuh anak dan permintaan nafkah tersebut di putus oleh pengadilan.

Sebagai kantor pengacara perceraian, LegalKeluarga.id dalam situs website-nya memberikan biaya jasa hukum kepada klien untuk pendampingan kasus perceraian di Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri disekitaran Rp. 15 juta, dengan wilayah kerja Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Pendampingan kasus perceraian yang dilakukan LegalKeluarga.id dapat dibarengi dengan permohonan hak asuh anak dan permintaan nafkah. Sedangkan untuk pembagian harta bersama (gono gini) akan diajukan terpisah setelah gugatan perceraian diputus Pengadilan.

 

Alasan-Alasan Perceraian

UU Perkawinan dan peraturan pelaksananya telah menegaskan beberapa alasan perceraian. Namun dalam prakteknya, terdapat beberapa alasan yang membuat seseorang mengajukan gugatan cerai di Pengadilan, yaitu :

1. Pertengkaran Terus Menerus

Pertengaran yang sering terjadi antara suami isteri yang disebabkan masalah kecil atau besar biasanya menjadi pemicu sehingga diajukannya gugatan cerai ke Pengadilan.

2. Masalah Ekonomi

Ekonomi keluarga biasaya juga menjadi faktor penentu mengapa perceraian itu terjadi. Seorang suami yang tidak mempu memberikan nafkah kepada isteri dan anaknya membuat pihak isteri mengajukan gugatan perceraian ke Pengadilan.

3. Tidak Memiliki Keturunan

Apabila pasangan telah menikah bertahun tahun namun belum memiliki keturunan, biasanya hal tersebut menjadi pemicu sehingga pasangan mengajukan gugatan perceraian ke Pengadilan

3. KDRT

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang biasa dilakukan suami terhadap isterinya merupakan alasan sehingga pihak isteri mengajukan gugatan perceraian ke Pengadilan.

5. Selingkuh atau Poligami

Selingkuh atau poligami merupakan alasan perceraian yang sering dijadikan dasar oleh seorang pasangan mengajukan gugatan perceraian di pengadilan, walaupun khusus untuk selingkuh hal ini sulit dibuktikan.

 

Tahapan dan Jangka Waktu Persidangan Perceraian

Dibawah ini legalkeluarga.id memberikan gambaran tahapan perceraian yang pada umumnya terjadi di pengadilan, termasuk di pengadilan agama atau pengadilan negeri yaitu :

1. Pendaftaran Gugatan 

  • Pihak  isteri dan/atau suami (atau diwakili pengacara) mendaftarkan gugatan perceraian ke Pengadilan.
  • Pihak isteri dan/suami selanjutnya akan dipanggil oleh pengadilan untuk hadir dipersidangan.

2. Persidangan

  • Sidang Perdamaian yang dipimpin hakim mediator. (dalam tahap ini suami dan isteri biasanya banyak pasangan yang kembali rujuk).
  • Pembacaan permohonan / gugatan cerai ( hal ini dilakukan apabila sidang perdamaian tidak mencapai kata sepakat untuk rujuk kembali antara suami dan isteri).
  • Jawaban Tergugat atau Termohon,
  • Replik Penggguat atau Pemohon,
  • Duplik Tergugat atau Termohon,
  • Pembuktian yang diajukan Penggugat atau Pemohon (biasanya menghadirkan saksi dan bukti tertulis/ dokumen administratif),
  • Pembuktian yang diajukan Tergugat atau Termohon (biasanya menghadirkan saksi dan bukti tertulis/ dokumen administratif),
  • Kesimpulan,
  • Musyawaran majelis hakim untuk memutuskan perkara cerai.

3. Putusan Pengadilan

  • Putusan akan dibacakan hakim dengan 4 kemungkinan, yaitu dikabulkan seluruhnya, dikabulkan sebagian, ditolak dan tidak dapat diterima.
  • Apabila terhadap putusan dirasa tidak puas, maka para pihak dapat mengajukan upaya hukum banding yang diajukan selambat-lambatnya 14 hari sejak perkara telah diputus atau diberitahukan.
  • Khusus untuk Pengadilan Agama, maka tahap selanjutnya setelah putusan adalah :
    1. Ditetapkannya hari sidang ikrar talak,
    2. Suami dan Isteri dipanggil dalam sidang ikrar talak,
    3. Apabila  tenggang waktu 6 (enam) bulan sejak ditetapkan sidang ikrar talak, suami atau kuasanya tidak melaksanakan ikrar talak di depan sidang, maka gugurlah kekuatan hukum penetapan tersebut dan perceraian tidak dapat diajukan berdasarkan alasan hukum yang sama.

4. Pengambilan Putusan dan Akta Cerai

Apabila seluruh tahap telah selesai dan putusan telah berkekuatan hukum tetap, maka selanjutnya pihak suami / isteri telah resmi bercerai. Oleh karena itu terhadap mereka berhak mengambil Salinan Putusan dan Akta Cerai.

Adapun terkait dengan jangka waktu persidangan dalam kasus perceraian biasanya disekitar 2 s/d 3 bulan. Namun apabila terdapat pihak sering tidak hadir dalam persidangan, maka bisa jadi jangka waktu persidangan perceraian mencapai 4 s/d 5 bulan.

 

Perlukah  Memakai Jasa Pengacara ?

Pihak-pihak yang mengajukan gugatan perceraian di pengadilan agama atau pengadilan negeri tidak harus memakai jasa pengacara. Artinya, gugatan perceraian dapat diajukan sendiri tanpa harus di dampingi pengacara sebagai kuasa hukumnya.

Namun, untuk mereka yang memiliki banyak kesibukan, memiliki pekerjaan ditambah dengan wilayah jakarta yang sering mengalami kemacetan, maka  memakai jasa pengacara dianggap penting.

Legalkeluarga.id memberikan gambaran keuntungan bagi mereka yang memakai jasa pengacara dalam kasus perceraian, hak asuh anak dan harta gono gini, yaitu :

  • Surat gugatan perceraian langsung dibuatkan oleh pengacara.
  • Anda dapat berkonsultasi langsung serta mengetahui sejauhmana hak-hak hukum anda ketika akan melakukan perceraian.
  • Anda tidak harus ke Pengadilan, sebab anda telah diwakili oleh pengacara. Namun perlu dicatat, apabila majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut menginginkan kehadiran para pihak, maka anda wajib hadir dengan tetap didampingi pengacara.
  • Segara urusan pembayaran administrasi perkara serta menyiapkan dokumen-dokumen bukti di Pengadilan akan dibantu oleh pengacara.
  • Dalam beberapa kasus, pengacara dapat membantu anda melakukan mediasi dengan pasangan untuk dapat rujuk kembali, sehingga permohonan/gugatan cerai yang anda ajukan ke pengadilan dapat dibatalkan.

 

Apabila anda ingin berkonsultasi mengenai gugatan / permohonan perceraian, hak asuh anak serta pembagian harta bersama (gono-gini) di pengadilan, silahkan hubungi kami legalkeluarga.id melalui  Telepon/ WhatsApp  0813-8968-6009 atau Email [email protected]

(Visited 1,661 times, 4 visits today)
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *